Friday, October 17, 2008

Constructivism

Atau Konstruktivizm adalah gerakan kesenian dan arsitektur di Rusia dari 1919 dan seterusnya yang membubarkan seni murni, digantikan dengan kesenian yang memiliki tujuan mendukung kehidupan sosial, terutama pembentukan sistem sosialisme. Merupakan kesenian resmi pemerintahan Bolshevik. Aktif hingga berakhir sekitar tahun 1934, memiliki dampak yang besar dalam perkembangan seni di Republik Weimar dan lain-lain, sebelum digantikan oleh realism sosialis. Di luar Rusia, aliran constructivisme berkembang di Jerman, tapi aliran ini juga tersebar di pusat-pusat kesenian seperti Paris, London, dan akhirnya amerika. Yang menyebarkan aliran ini keluar dari Rusia adalah tokoh-tokohnya. Naum Gabo, Antoine Pevsner, dan El Lissitzky membawa aliran ini ke amerika. Laszlo Moholy-Nagy datang ke Jerman dari Hungaria.

Seni constructivism ditandai oleh bentuk abstrak yang total dan penerimaan terhadap modernisasi sepenuhnya. Kebanyakan bentuknya sangat geometris, biasanya bersifat eksperimental, jarang bersifat emosional. Bentuk yang objektif lebih ditonjolkan daripada yang subjektif dari sudut pandang si seniman sendiri. Karya seninya juga sangat minimalis, banyak ang menggunakan bentuk-bentuk dasar. Banyak digunakan media baru. Sekali lagi, konteks dari keseniannya sangat krusial: para constructivist mencari kesenian yang teratur, menolak masa lampau dan mengarah ke dunia yang pengertiannya lebih luas.

Istilah constructivism pertama digunakan oleh Kazimir Malevich untuk mendeskripsikan karya Alexander Rodchenko di 1917. Constructivism adalah perkembangan dari futurism Rusia setelah perang dunia 1. Istilah ini akhirnya dipatenkan oleh pemahat Antoine Pevsner dan Naum Gabo, yang mengembangkan pendekatan industrial dalam karyanya.

Di 1921, kebijakan ekonomi baru diberlakukan di Uni soviet, yakni kapitalisme terbatas. Sejak sat itu Rodchenko, Stepanova, dan yang lainnya membentuk sebuah periklanan yang bersaing dengan bisnis komersil. Vladimir Mayakovsky dan Rodchenko bersama-sama membuat gambar-gambar yang eye-catching yang menampilkan warna-warna terang, bentuk geometris, dan tulisan yang bold. Ada juga yang membuat desain pakaian. Varvara Stepanova mendesain gaun-gaun dengan pola yang terang dan geometris.

Desain buku Rodchenko, El Lissitzky dan lainnya merupakan inspirasi yang besar bagi desainer-desainer radikal di barat. Banyak constructivis yang mendesain poster untuk segala hal, mulai dari film sampai propaganda politik.

Tokoh-tokoh

El Lissitzky

el lissitzky

Lazzar markovich Lissitzky atau lebih dikenal dengan El Lissitzkyadalah seorang desainer, fotografer, guru, tipografer, dan arsitek dari Rusia. Merupakan salah satu tokoh terpenting dalam Avant garde Rusia. Membantu mengembangkan suprematism dengan teman dan gurunya, Kazimir Malevich dan mendesain berbagai pameran propaganda untuk Uni soviet. Karyanya banyak mempengaruhi gerakan Bauhaus, constructivism, dan De Stijl.

Seluruh karir Lissitzky selalu berkaitan dengan kepercayaan bahwa seorang seniman dapat menjadi agen, yang kemudian diringkas olehnya: “das zielbewußte Schaffen” (karya berorientasi tujuan). Sepanjang tahun dia mengajar berbagai sekolah, posisi, dan media artistik, menyebar dan bertukar ide dengan tempo yang cepat. Pendirian inipun dia pegang ketika bekerja dengan Malevich saat memimpin kelompok seni suprematis, UNOVIS. Di tahun-tahun terakhirnya ia berpindah aliran ke tipografi, desain pameran, photomontage, dan desain buku. Menciptkan karya-karya bermutu dan memperoleh penghargaan untuk desain pamerannya. Ini berlanjut sampai ia meninggal, di 1941 saat dia menciptakan satu dari karya-karyanya yang terkenal, sebuah poster propaganda Soviet yang mengajak orang-orang untuk membuat lebih banyak tank untuk melawan Nazi dari Jerman.

Karya-karya Lissitzky:

layout majalah Merz Poster pameran di Zurich


Alexander Rodchenko

Alexander Mikhailovich Rodchenko adalah seorang seniman, pemahat, fotografer, dan desainer grafis Rusia. Satu dari para penemu aliran constructivism dan desain Rusia. Suami dari seniman Varvara Stepanova.

Rodchenko merupakan satu dari para constructivis dan productivis yang aktif setelah Revolusi Rusia. Dia bekerja sebagai pelukis dan grafik desainer sebelum berubah menjadi photomontage dan fotografi. Fotografinya beraliran sosial, inovatif secara formal, berlawanan dengan segi estetis seorang pelukis. Peduli dengan kebutuhan seri foto analitis-dokumenter, ia biasa mengambil foto dari sudut yang aneh, entah dari ketinggian atau dari bawah, untuk mengejutkan para penikmatnya. Ia menulis “seseorang harus mengambil gambar-gambar yang berbeda dari sebuah subjek, dari sudut pandang yang berbeda dan situasi yang berbeda, seperti sedang menelitinya dari segala sisi daripada hanya melihat dari lubang kunci yang sama berulang-ulang.”

Berikut karya-karya Rodchenko, “Dance” dan poster untuk film “The Battleship Potemkin”

Dance The Battleship Potemkin


1 comment:

Evitasdesign said...

infonya mantab, perkembangan desain grafis maju dengan cepat, dengan teknologi mesin cetak yang sangat mutahir.
industri desain grafis seperti desain cover, desain brosur, dan jasa desain kayanya akan lebih banyak dibandingkan tahun-tahun kemarin.